Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel

fakta-menarik-kehidupan-islam-di-israel-QKaM2QJioQ (1)PENDUDUKAN Israel atas Palestina sering kali dianggap sebagai permusuhan Israel terhadap Islam. Namun faktanya Israel adalah rumah bagi 1.454.000 Muslim yang hidup dalam kebebasan sipil dan berpolitik secara penuh.

Israel sendiri dalam deklarasi kemerdekaan mereka pada 1948 memang menjamin kebebasan beragama bagi setiap warganya. Kebebasan beragama adalah nilai luhur dari demokrasi Israel.“Negara Israel akan memastikan pemenuhan hak sosial dan politik dari warganya tanpa memandang ras, agama, dan jenis kelamin. Israel menjamin kebebasan agama, suara hati, bahasa, pendidikan, dan budaya. Israel akan menjaga tempat suci semua agama,” isi deklarasi kemerdekaan Israel, seperti dimuat situs Kementerian Luar Negeri mfa.gov.il, Kamis (23/6/2016).

Berikut ini sejumlah fakta menarik mengenai kehidupan Islam di Israel:

1. Bahasa Resmi Kedua Israel Adalah Bahasa Arab

Sebanyak 17 persen dari penduduk Israel adalah umat Islam. Mayoritas dari Muslim tersebut berasal dari suku Arab. Tidak heran, bahasa Arab adalah bahasa resmi kedua Israel setelah Yahudi. Aliran Islam terbesar di Israel adalah Sunni. Pun begitu, umat Islam Israel juga menganut aliran Syiah, Alawite, Ahmadiyah, Sufi, dan Shazaliyeh.

2. Agama Terbesar Kedua Israel Adalah Islam

Islam adalah agama kedua terbesar yang dianut oleh warga Israel. Agama terbesar yang dianut adalah Yahudi dengan persentase 75,4. Islam bahkan unggul jauh dari agama lain seperti Kristen yang hanya dua persen. Populasi Muslim di Israel meningkat pesat 10 kali lipat sejak deklarasi kemerdekaan yakni 156 ribu menjadi 1.454.000.

3. Gaji Muazin dari Pemerintah

Terdapat lebih dari 400 masjid di seluruh Israel dengan 73 di antaranya terletak di ibu kota Yerusalem. Jumlah tersebut meningkat lima kali lipat sejak 1988, yakni hanya terdapat 80 masjid. Sedikitnya 300 imam dan muazin digaji oleh Pemerintah Israel. Tidak hanya itu, Israel menyediakan Alquran untuk dipakai di masjid dan mendanai sejumlah sekolah-sekolah Islam.

4. Israel Punya Pengadilan Agama

Komunitas Muslim Israel diperbolehkan untuk memiliki pengadilan agama sendiri untuk menangani masalah pernikahan dan perceraian sesuai hukum Islam. Terdapat sekira delapan pengadilan agama lokal dan satu pengadilan agama pusat yang beroperasi di Israel. Semua pengadilan tersebut berada di bawah pengawasan langsung Kementerian Kehakiman Israel.

5. Perayaan Ramadan di Yerusalem

Setiap tahunnya, Pemerintah Kota Yerusalem mendekorasi jalanannya dengan suasana Ramadan. Mereka juga mengadakan puluhan festival dan acara untuk umum. Pemerintah kota juga merayakan puasa dengan perayaan tradisional yaitu menembakkan peluru dari meriam bersejarah di Yerusalem Timur pada waktu Imsak dan berbuka setiap harinya.

Karyawan Muslim diperbolehkan mengambil hari libur selama Ramadan. Jam kerja bagi karyawan Muslim juga disesuaikan kebutuhan mereka saat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Pasukan Israel (IDF) juga menyesuaikan latihan bagi tentara yang beragama Islam selama bulan suci Ramadan.

Fakta lain yang cukup menarik adalah Museum Seni Islam di Yerusalem menyimpan salah satu arsip paling mengesankan tentang seni Islam di dunia. Bahkan, Museum Islam di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem menyimpan 600 salinan Alquran dari berbagai periode.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s